KONSULTASI : Hukum ‘Azl

Line Konsultasi via SMS : 0856-55865618

Tanya :

Assalamu’alaykum,  mau tanya, para shahabat bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tentang ‘azl. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Itu adalah pembunuhan tersembunyi.” (HR. Muslim : 1442) hadits ini shahih apa tidak Ustadz? Jika hadits ini shahih apakah berarti ber’azl itu dosa besar?

Jawab :

Wa’alaykumus salam wa rahmatullah. Hadits tersebut shahih dikeluarkan oleh Imam Muslim Rahimahullah dalam Shahihnya. ‘Azl diperbolehkan, namun hukumnya makruh. Imam Baihaqi Rahimahullah berpendapat bahwa larangan (dalam hadits ini) bersifat tanzih (makruh).

Diantara dalil yang memalingkannya dari hukum haram adalah hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

“Masalah ‘azl pernah dibicarakan (oleh para sahabat) di hadapan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Mengapa salah seorang dari kalian melakukan hal itu?” Beliau tidak mengatakan, “Janganlah salah seorang dari kalian melakukan hal itu.” “Sesungguhnya tidak ada satu jiwapun yang hidup, kecuali Allahlah yang menciptakannya.” (HR. Muslim Juz 2 : 1438)

Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani Rahimahullah;

“(Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam) bersabda, “Mengapa salah seorang dari kalian melakukan hal itu?” Beliau tidak mengatakan, “Janganlah salah seorang dari kalian melakukan hal itu?” Ini mengisyaratakan bahwa beliau tidak melaang secara tegas kepada mereka, tetapi hanya mengisyaratkan bahwa yang terbaik adalah tidak melakukannya.” Wallahu a’lam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: