KONSULTASI : Perintah Menggambar Makhluk Hidup

LINE KONSULTASI VIA SMS : 0856-55865618

Tanya :

Assalamu’alaykum. Ustadz, bagaimana hukumnya seorang guru yang memberi tugas menggambar makhluk hidup? Contohnya melukis manusia dan hewan. Apakah di akhirat nanti gambar-gambar itu menuntut nyawa pada orang yang melukisnya? Adakah dalil yang menjelaskan hal ini? Bagaimana melukis yang dibenarkan oleh syari’at? Jazakumullahu khair.

Jawab :

>>Wa’alaykumus salam wa rahmatullah. Tidak diperbolehkan bagi guru tersebut untuk memerintahkan murid-muridnya untuk melukis makhluk yang bernyawa. Karena ini merupakan perintah yang bertentangan dengan Syari’at. Diantara dalil yang melarang menggambar makhluk bernyawa adalah hadits yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha ia berkata, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda;

“Sesungguhnya di antara orang yang paling keras siksanya pada Hari Kiamat adalah orang-orang yang menggambar gambar-gambar (bernyawa) ini.” (HR. Bukhari : 6109).

Diriwayatkan pula dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda;

Sesungguhnya orang-orang yang membuat gambar-gambar (bernyawa) tersebut akan disiksa pada Hari Kiamat & akan dikatakan kepada mereka, “Hidupkanlah apa yang kalian ciptakan.” (HR. Bukhari : 5961).

Maka sebaiknya guru tersebut memerintahkan kepada murid-muridnya agar menggambar sesuatu yang tidak bernyawa. Seperti menggambar; gunung, tumbuh-tumbuhan, pohon, mobil, rumah, dan sebagainya. Wallahu a’lam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: