Konsultasi: Hukum Makan Kepiting dan Menyembelih Binatang Darat

Line Konsultasi via SMS: 085235890355

assalaamu’alayikum ustad. mf tnya, kepiting itu haram gak kalo dimakan? apa ada binatang klo dmkan dwaktu mmbnuhnya gak baca basmallah dlu? sukron, jazakumullohwa

kepiting

Wa alaykumus salam wa rahmatullah.
Kepiting hukumnya halal, sebagaimana pendapat Atha’ Imam Ahmad. Adapun tentang binatang darat yang ketika disembelih tidak dibacakan basmalah maka kondisinya dibagi-bagi:
1. Jika sengaja tidak membaca basmalah ketika menyembelihnya, maka sembelihan tersebut menjadi haram hukumnya untuk dimakan sebagaimana firman Allah, “Maka makanlah hewan2 (yg halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika engkau beriman kepada Ayat-ayat-NYA (QS.Al-An’am: 118)
2. Adapun jika lupa tidak membaca basmalah, maka hukum sembelihan tersebut adalah halal untuk dimakan, karena Allah memaafkan perbuatan yang disebabkan karena lupa. Sebagaimana hadits dari Ibni Abas Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah memaafkan perbuatan umatku yang disebabkan karena salah, lupa, atau dipaksa” (HR.Ibnu Majah 2045)
dan ini adalah pendapat mayoritas ulama’.
Wallahu a’lam….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: